Media Asing Soroti Keputusan Jokowi Gratiskan Vaksin Corona

Posted Date : 17-12-2020, berita ini telah dikunjungi sebanyak 125 kali.


Jakarta, CNN Indonesia -- Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menggratiskan vaksin virus corona (Covid-19) bagi seluruh penduduk Indonesia menjadi sorotan sejumlah media massa luar negeri.

Stasiun televisi Australia, ABC, pada Rabu (16/12), membuat laporan yang menyatakan Jokowi akan menjadi orang yang disuntik vaksin pertama kali, untuk meyakinkan rakyat Indonesia vaksin itu aman digunakan.

Lihat juga:Jokowi: 182 Juta Warga Harus Divaksin, Suntik Mulai Januari

Saat ini pemerintah tengah menunggu persetujuan izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 buatan perusahaan farmasi China, Sinovac Biotech, dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Pada awal Desember, Indonesia menerima pengiriman pertama vaksin dari Sinovac sebanyak 1.2 juta dosis.

Kantor berita China, Xinhua, juga menuliskan laporan tentang keputusan Jokowi menggratiskan vaksin corona.

Mereka menuliskan Jokowi memerintahkan seluruh kementerian dan lembaga negara mengutamakan program vaksinasi dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara 2021.

Surat kabar Nikkei Asia juga menuliskan tentang keputusan Jokowi menggratiskan vaksin corona. Mereka melaporkan Jokowi juga memerintahkan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, untuk mengalihkan sejumlah anggaran yang tersedia untuk program vaksinasi, supaya tidak ada alasan masyarakat tidak mendapatkan vaksin.

Lihat juga:Jokowi: Vaksin Corona Gratis, Jangan Ada yang Bilang Bayar

Saat ini tercatat ada 629.429 kasus Covid-19 di Indonesia, dengan korban meninggal mencapai 19.111 orang.

(Nikkei Asia/ABC/Xinhua/ayp)

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/internasional/20201216191339-106-583111/media-asing-soroti-keputusan-jokowi-gratiskan-vaksin-corona