Cari Muka, Trump Dukung UU Anti-Aborsi

Posted Date : 21-05-2019, berita ini telah dikunjungi sebanyak 380 kali.


jpnn.com, WASHINGTON - Presiden AS Donald Trump menanggapi Undang-Undang (UU) Larangan Aborsi yang ditandatangani Gubernur Alabama Kay Ivey Rabu (15/5).

''Seperti yang diketahui banyak orang dan bagi mereka yang ingin tahu, saya sangat pro kehidupan dengan tiga pengecualian. Yaitu, pemerkosaan, inses, dan melindungi nyawa ibu,'' cuit Trump di akun Twitter-nya.

Dalam UU di Alabama, aborsi dilarang hampir sepenuhnya. Kecuali jika nyawa si ibu berada dalam bahaya. Tiada pengecualian untuk kasus pemerkosaan dan inses.

Sikap Trump berubah-ubah terkait larangan aborsi. Namun, sebagian besar dia mendukung. Pernyataan kali ini termasuk cukup lunak.

Partai Republik yang mendukung Trump memang berisi golongan konservatif yang menolak aborsi. Trump harus menimbang ucapannya baik-baik. Sebab, masalah aborsi itu akan menjadi pembahasan panas dalam pemilu.

''Golongan radikal sayap kiri yang mendukung aborsi di usia kandungan sudah tua (atau bahkan lebih buruk) sedang meledak gara-gara masalah ini,'' cuit Trump. Pernyataannya ditujukan untuk para pendukung Demokrat yang proaborsi.

Alabama bukan satu-satunya negara bagian yang mendukung larangan aborsi. Awal tahun ini, gubernur Georgia, Kentucky, Mississippi, dan Ohio juga menandatangani rancangan undang-undang yang melarang aborsi jika detak jantung embrio sudah terdeteksi. (sha/c17/sof)

Sumber : https://www.jpnn.com/news/cari-muka-trump-dukung-uu-anti-aborsi