Penambang Pasir Ketiduran saat Gunung Semeru Meletus

Posted Date : 03-12-2020, berita ini telah dikunjungi sebanyak 397 kali.


Surabaya, CNN Indonesia -- Satu orang yang sempat dinyatakan hilang dalam proses evakuasi saat kini telah ditemukan.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim) Satriyo Nurseno mengatakan orang tersebut merupakan seorang pekerja di kawasan pertambangan pasir.

"Dia operator bego (ekskavator). Sudah ketemu," kata Satriyo saat dikonfirmasi," Kamis (3/12).

Satriyo mengatakan mulanya pekerja itu ketiduran sebelum Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar, abu vulkanik hingga awan panas guguran, Selasa (1/12).

Untungnya, material muntahan Semeru tidak mengarah kepadanya. Setelah terbangun, pekerja tambang ini bermaksud menuju ke arah permukiman warga di Kecamatan Pronojiwo. Di tengah perjalanan, ia justru tersesat.

"Dia ketiduran, posisi bangun bingung jalan keluar tapi tersesat. Ditemukan kemarin sore," kata Satriyo.

Diberitakan sebelumnya, satu orang diduga hilang dalam proses evakuasi saat letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (1/12).

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati mengatakan petugas masih mencari satu orang yang hilang tersebut.

"Satu orang diduga hilang dan masih dalam konfirmasi petugas di lapangan," kata Raditya seperti dikutip dari Antara, Rabu (2/12).

Tim SAR gabungan kemudian melakukan penyisiran. Di saat yang sama, sembilan alat berat sudah tertimbun luncuran material vulkanik.

Gunung Semeru mengalami erupsi dengan meluncurkan guguran awan panas pada Selasa (1/12) pukul 01.23 WIB. Sebanyak 550 warga di Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro, Lumajang, sempat mengungsi di sejumlah lokasi yang aman.

(frd/arh)


Sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201203071011-20-577361/penambang-pasir-ketiduran-saat-gunung-semeru-meletus