Di Pasar Gelap Sri Lanka, Kunyit Ditukar dengan Emas

Posted Date : 23-11-2020, berita ini telah dikunjungi sebanyak 347 kali.


Jakarta, CNN Indonesia -- Di dapur Indonesia, kunyit menjadi salah satu bumbu rempah yang banyak dipakai. Selain karena menambah rasa, kunyit juga dipakai untuk mempercantik warna makanan.
Mungkin Anda berpikir, kalau kunyit hanya sebatas bumbu dapur biasa. Tapi berbeda dengan di Sri Lanka. Bumbu ini bahkan punya harga jual yang sangat tinggi dan laku di pasar gelap. Bahkan 100 kg kunyit selundupan bisa ditukar dengan 1 kg emas.

Dinilai karena rasa dan manfaat kesehatannya, bahan yang sederhana ini biasa digunakan dalam hidangan mulai dari semur hingga sup hingga kari, dan juga ditambahkan ke minuman seperti teh. Para pendukung percaya kunyit memiliki kualitas antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu orang meningkatkan kekebalannya terhadap penyakit.

Lihat juga: 5 Obat Alami Penghilang Rasa Nyeri: Kunyit hingga Jahe
Di Sri Lanka, praktisi kesehatan termasuk di antara mereka yang manfaat kunyit selama pandemi virus corona, menyebabkan permintaan meroket. Hal ini memberi penyelundup produk penjualan baru yang menguntungkan pada saat banyak pasokan telah terputus.

Mengutip South China Morning Post, menurut angka resmi, orang Sri Lanka mengonsumsi sekitar 7.500 ton kunyit pada 2019, tetapi negara itu membudidayakan sekitar 2.000 ton, yang berarti sebagian besar bergantung pada impor.

Pada bulan Desember, sekitar sebulan sebelum Sri Lanka melihat kasus Covid-19 pertamanya, pemerintahan baru Presiden Gotabaya Rajapaksha melarang impor berbagai rempah - termasuk kayu manis, jahe, pala, dan kunyit - dalam upaya untuk meningkatkan produk dalam negeri. Dulu harganya 350 Rupee Sri Lanka (US$ 1,90 atau Rp26,8 ribu) per kilogram sebelum pandemi, harga kunyit sekarang naik menjadi US$ 27 per kilogram (Rp381 ribu) - naik 13 kali lipat. Ada juga yang menukar 100 kg kunyit dengan 1 kg emas.

Selama beberapa bulan terakhir, pemerintah bahkan sudah menyita berkarung-karung kunyit selundupan. Di negara bagian Tamil Nadu, India, otoritas pesisir mengatakan mereka telah menyita 4.685 kg kunyit di satu distrik dalam dua bulan terakhir. Angkatan Laut Sri Lanka telah menyita lebih dari tujuh ton kunyit selundupan dari pihak mereka hingga Agustus.

Lihat juga: 4 Tanaman Obat yang Bisa Ditanam Sendiri di Rumah
"Sulit untuk menangkap pelakunya karena kunyit merupakan produk yang umum digunakan dan tidak ada batasan pergerakannya di Tamil Nadu. Jadi, para penyelundup dengan mudah memindahkan rempah-rempah dalam jumlah banyak dari daerah penghasil kunyit ke pesisir dengan dalih untuk keperluan rumah tangga," kata RKV Ravishankar, presiden Asosiasi Pedagang Kunyit India.

Dia juga mengatakan dalam beberapa bulan terakhir terjadi peningkatan permintaan kunyit yang tidak biasa dari distrik pesisir. Hal ini menunjukkan bahwa tujuan akhir mereka pasti Sri Lanka.

Stockphoto/AnnaPustynnikova ilustrasi susu kunyit

"Kami menjual tas dengan harga 60 rupee India per kilo dan harga di Sri Lanka adalah 4.000 rupee Sri Lanka per kilo," katanya.

Lonjakan permintaan juga menimbulkan kekhawatiran tentang pemalsuan bubuk kunyit. Penambahan seperti tepung beras, tepung terigu atau bahkan bubuk pewarna kuning - yang bisa berbahaya bagi kesehatan - ditambahkan ke kunyit untuk dijual dengan harga lebih murah.

(chs)

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201116093552-262-570164/di-pasar-gelap-sri-lanka-kunyit-ditukar-dengan-emas